Detil Berita

Prodi Bahasa Inggris FKIP Unira Selenggarakan Kuliah Tamu

  • Dr. Moh. Zayyadi, M.Pd.  29 Mar 2022  Dibaca 169 kali

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIRA menyelenggarakan kuliah tamu untuk mata kuliah Research Methodology pada Selasa (29/03/2022). Kuliah tamu ini berjudul “Research in Education”. Acara ini dibuka oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Evha Nazalatus Sa'adiyah Sy, M.Pd. Materi pada perkuliahan ini disampaikan oleh Mariyatul Kiptiyah, M.Pd dosen dari STKIP PGRI Bangkalan.

Beliau memulai pemaparannya dengan mengatakan bahwa dunia pendidikan memiliki banyak hal menarik untuk diangkat menjadi penelitian. Apalagi dengan muncul beragam sistem pembelajaran yang ditawarkan dimasa pandemi saat ini seperti online class serta sistem blended. Lebih jauh lagi beliau menambah selain bisa mengangkat tema tersebut mahasiswa juga bisa melihat dari segi permasalahan yang timbul serta bagaimana kreatifitas-kreatifitas yang muncul untuk mengatasi permasalahan yang ada. Beliau juga memberikan kiat-kiat mecari dan mendapatkan bahan referensi sebagai kajian. Terakhir beliau juga membahas mengenai tantangan-tantangan terkait penyusunan tugas akhir atau skripsi yang akan dihadapi oleh mahasiswa. Beliau mengatakan bahwa sebenarnya tantangan terbesar berasal dari mahasiswa, bahwa dibutuhkan keteguhan dan kebulatan tekad untuk melaksanakan penelitian sebagai syarat tugas akhir.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester akhir Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai tambahan materi untuk persiapan menyusun tugas akhir yang harus mereka tempuh. Menurut Mahrus Ali, salah seorang mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa semester akhir dalam pembahasan penelitian-penelitian terkini.

"kegiatan ini sangat bermanfaat karena pemateri juga memberikan contoh dan membahas penelitian-penelitian terkini yang dapat dijadikan sebagai referensi" ungkapnya