Profil Program Studi

Profil Prodi


PROFIL PROGRAM STUDI

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan salah satu prodi yang ada di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Madura. Prodi ini  berdiri pada tanggal 3 Maret 2004 melalui Surat Keputusan Yayasan Universitas Madura Nomor: 03/YUM/III/2004 dan terakreditasi pada tahun 2010 dengan nomor SK BAN-PT: 018/BAN-PT/Ak-XIII/S1/IX/2010. Prodi ini mendapat respon yang cukup kuat dari masyarakat, hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya jumlah masyarakat Madura yang berminat ke prodi ini. Respon baik masyarakat Madura harus pula diimbangi dengan peningkatan kualitas. Pada Tahun 2010 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memperoleh predikat C. Pada Tahun 2015 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris melakukan re-akreditasi dan memperoleh Akreditasi B pada tanggal 29 Desember 2015 berdasarkan keputusan BAN-PT No. 1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Madura memfokuskan pada bidang education and business. Mahasiswa  selain dibekali ilmu yang terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris, mereka juga dibekali cara-cara mengembangkan diri di dunia wirausaha dengan pemberian matakuliah seperti business English, psychology of business, public speaking, dll. Proses pembelajaran mengacu pada konsep students learning centered yang dilaksanakan dengan tatap muka di kelas, praktikum di laboratorium, dan Praktek Pengalaman Lapangan di sekolah. Kuliah diarahkan pada sistem komunikasi dua arah (diskusi) dan multi arah (membahas materi serta artikel jurnal-jurnal ilmiah).


VISI

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah pada Tahun 2021 menjadi  Program Studi Unggul Bidang Pendidikan Bahasa Inggris dalam pengembangan sumber daya manusia melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi di wilayah Jawa Timur


MISI

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura adalah (a) Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di bidang pendidikan bahasa Inggris yang berbasis pada pengembangan kompetensi akademik dan profesional secara terpadu dan  relevan dengan kebutuhan masyarakat, (b) menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris, (c) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris yang berbasis  hasil penelitian, dan (d) menjalin kerjasama kemitraan ditingkat lokal, regional, nasional, dan internasional, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.


Kompetensi Program Studi

1)    Mampu memecahkan masalah pembelajaran bahasa Inggris dengan menerapkan teori, pendekatan,  konsep, desain dan  model pembelajaran   bahasa,  kebahasaan, kesastraan,   dan pembelajaran.

2)    Mampu mengahasilkan simpulan terhadap masalah pembelajaran bahasa Inggris berdasarkan hasil identifikasi dan analisis,

3)    Mampu menyajikan beberapa pilihan pemecahan masalah dalam pembelajaran bahasa Inggris berdasarkan  identifikasi dan analisis,

4)    Mampu merencanakan, menerapkan,  mengelola, mengevaluasi, serta melakukan perbaikan  belajar dan pembelajaran bahasa Inggris baik untuk tujuan umum maupun khusus berdasarkan identifikasi dan analisis karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan;

5)    Mampu menyebarluaskan hasil kajian  terhadap masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris dalam bentuk laporan ilmiah,

6)    Mampu bertanggungjawab pada pekerjaan sebagai guru secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja lembaga/insititusi dengan dilandasi oleh sikap, perilaku yang diwarnai oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya