Profil Program Studi

Profil Prodi


Program studi Pendidikan Matematika merupakan salah satu prodi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura. Prodi ini  berdiri pada tanggal 2 Mei 1978. Prodi ini memperoleh Status Terdaftar berdasarkan SK.Mendikbud. No.0828/O/1989 tanggal 16 Desember 1989 dan berdasarkan SK. Dirjen Dikti No.161/DIKTI/Kep/1993 tanggal 26 April 1993 memperoleh Status Diakui. Sedangkan pada tanggal 26 Maret 2016, program studi pendidikan matematika mengajukan re akreditasi ke BAN-PT, sehingga pada tanggal 05 September 2017 memperoleh Status Terakreditasi B dengan No SK BAN-PT : 3178/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2017. Dengan pencapaian ini, prodi Pendidikan Matematika Universitas Madura akan mengembangkan pembelajaran di bidang matematika berbasis Science, Technology, and Mathematics. Selama ini, prodi Pendidikan Matematika telah mengembangkan perkuliahan melalui Science, Technology, and Mathematics yang bisa diakses oleh mahasiswa dimanapun dan kapanpun. Hal inilah yang akan membedakan prodi pendidikan matematika dengan Universitas lainnya di Madura sehingga visi dan misi prodi Pendidikan Matematika Universitas Madura akan tercapai.

VISI

Pada tahun 2021 menjadi program studi unggul bidang pendidikan matematika dalam pengembangan Sumber Daya Manusia melalui tridharma perguruan tinggi di Wilayah Madura.

MISI

1. Menyelenggarakan program pendidikan dan pembelajaran yang  menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam pendidikan matematika.

2. Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan matematika yang menghasilkan karya inovatif. 

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pengembangan pendidikan matematika.

4. Menjalin kerja sama dengan stakeholders di bidang tridharma perguruan tinggi.


Kompetensi Program Studi

1. Menghasilkan lulusan di bidang studi pendidikan matematika yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bermoral, dan berbudi pekerti luhur serta bertanggung jawab.

2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi profesional, sosial, pedagogik, dan kepribadian yang baik di bidang pendidikan matematika.

3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk meneliti di bidang pembelajaran matematika.

4. Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap dan kemampuan menjalankan tugas-tugasnya sebagai guru bidang studi matematika secara profesional dan tugas-tugas lain yang relevan dengan kemampuan dan keahliannya.

5. Meningkatkan kerjasama tingkat lokal, regional, dan nasional untuk mendukung peningkatan mutu proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat