Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNIRA Gelar Pelatihan Menulis Ensiklopedia Anak Sebagai Penunjang Pembelajaran Di SDIT Multazam Pamekasan
- Dr. Moh. Zayyadi, M.Pd. 12 Sep 2022 Dibaca 360 kali

Tim Dosen Pengabdian kepada Masyarakat Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Madura melaksanakan kegiatan Iptek bagi Masyakat (IbM) dengan Pelatihan Menulis Ensiklopedia Anak Sebagai Penunjang Pembelajaran di Sekolah (Sabtu, 10 September 2022).
Bertempat di SDIT Multazam, acara ini dihadiri sebanyak 25 guru SDIT Multazam. Ibu Dra. Yanti Linarsih, M.Pd Selaku tim Pengabdian masyarakat memberikan sambutan, "kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi dosen. Terima kasih atas kesediaan SDIT Multazam sebagai mitra, kedepannya semoga dapat bekerjasama dalam kegiatan2 lain yg menunjang perkembangan pendidikan " tuturnya.
Kepala SDIT Multazam Nor Holis, M. Pd menyambut dengan baik kegiatan ini karena selaras dengan program sekolah " Budaya literasi" dan berharap ke depannya ada kerjasama dalam kegiatan-kegiatan yang mendukung kemajuan pendidikan. Ibu Laili Amalia, M. Pd dosen pendidikan Bahasa Indonesia, Menyampaikan materi pelatihan menulis ensiklopedia anak sebagai penunjang pembelajaran dengan menarik dan mudah dipahami oleh peserta pelatihan. " Menulis merupakan salah satu bentuk jalan dakwah kita terutama kepada anak-anak. Sebab ibaratkan sebuah bangunan, masa kanak-kanak merupakan pondasinya. Maka ketika kita membangun pondasi dengan kuat, Insha Allah bangunan itu akan berdiri kokoh. Sebaliknya, jika pondasi rapuh, maka bangunan itu akan mudah goyah. Melalui pelatihan menulis ensiklopedia anak sebagai penunjang pembelajaran di sekolah, kita berlatih teknik-teknik menulis ensiklopedia yang menarik untuk dibaca anak-anak sehingga dakwah kita tersampaikan pada generasi penerus bangsa ini".
Seluruh peserta mengikuti pelatihan dengan antusias. Terlihat beberapa pertanyaan yang diajukan peserta kepada pemateri dan praktik menulis ensiklopedia yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Bahkan salah satu peserta membacakan hasil kerjanya untuk dikireksi.