Pengaruh Penerapan Stretegi Means-Ends Analysis (MEA) Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
- ROHMAH INDAHWATI, S.Pd.,M.Pd. 2017 PENDIDIKAN MATEMATIKA Rp. 5,500,000,-
Deskripsi: Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan berfokus kepada proses dan langkah-langkah yang diambil secara teliti yang dapat dipertanggungjawabkan. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan Berpikir Kritis siswa adalah strategi pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) yang merupakan suatu strategi untuk menganalisis permasalahan melalui berbagai cara untuk mencapai tujuan akhir yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya dan bagaimanakah pengaruh penerapan Strategi Means-Ends Analysis (MEA) dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah tes, dimana respondennya sebanyak 14 orang. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan Product Moment dan diperoleh r kerja lebih besar dari harga kritik r yakni 0,584 > 0,532, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil analisi data, dapat disimpulkan bahwa: Penerapan strategi Means-Ends Analysis (MEA) dalam pembelajaran Matematika berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Al Hayyan Karduluk Kec. Pragaan Kab. Sumenep Tahun Pelajaran 2017/2018 Strategi Means-Ends Analysis (MEA) sangat berpengaruh khususnya pada pemecahan masalah yang unik/tidak seperti biasanya.
Keyword: Strategi Means-Ends Analysis (MEA), Kemmpuan Berpikir Kritis
File: Klik Untuk Donwload