PROFIL FLEKSIBILITAS SISWA SD DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI GENDER
- AGUS SUBAIDI, S.Pd.,M.Pd. 2019 PENDIDIKAN MATEMATIKA Rp. 7,500,000,-
Deskripsi: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil fleksibilitas siswa SD dalam memecahkan masalah geometri. Fleksibilitas pada penelitian ini mengacu pada indikator menggunakan lebih dari satu strategi/cara, menyelesaikan masalah geometri dengan benar, mengungkapkan cara yang paling efisien dan efektif dalam strategi/cara berdasarkan hasil yang diperoleh. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan kelas 6 semester 2 di SD Nurul Hikmah Pamekasan. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan pemberian tugas dan wawancara. Kemudian hasilnya ditranskrip dan dikode. Untuk memperoleh data yang valid, peneliti melakukan dua kali wawancara pada setiap subjek penelitian. Selanjutnya, data yang diperoleh ditriangulasi. Kemudian data yang valid dianalisis untuk memperoleh kesimpulan. Data hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) Profil fleksibilitas siswa laki-laki SD dalam memecahkan masalah geometri. Dalam indikator menggunakan lebih dari satu strategi/cara. Subjek menyebutkan informasi yang diketahui dan mengungkapkan pertanyaan dalam soal dengan tepat. Subjek menyelesaikan masalah geometri dengan menggunakan lima cara/strategi. Dalam indikator menyelesaikan masalah geometri dengan benar. Subjek menggambar kembali bangun datar seperti pada soal. Kemudian dari gambar tersebut membagi bangun datar menjadi beberapa bagian. Subjek mencari luas bagian-bagian bangun datar tersebut, kemudian menjumlahkannya sehingga menemukan luas bangun datar yang dimaksud. Dalam indikator mengungkapkan cara yang paling efisien dan efektif dalam strategi/cara berdasarkan hasil yang diperoleh yaitu membagi bangun datar menjadi dua trapesium yang kongruen. Hanya menghitung 1 trapesium, kemudian dikalikan dua. (2) Profil fleksibilitas siswa perempuan SD dalam memecahkan masalah geometri. Dalam indikator menggunakan lebih dari satu strategi/cara. Subjek menyebutkan informasi yang diketahui dan mengungkapkan pertanyaan dalam soal dengan tepat. Subjek menyelesaikan masalah geometri dengan menggunakan tujuh cara/strategi. Dalam indikator menyelesaikan masalah geometri dengan benar. Subjek membagi bangun datar tersebut menjadi beberapa bagian dengan mencorat coret bangun datar pada soal. Kemudian menghitung luas bagian-bagian yang dicoret tersebut dan menjumlahkannya. Dalam indikator mengungkapkan cara yang paling efisien dan efektif dalam strategi/cara berdasarkan hasil yang diperoleh yaitu angun datarnya dibagi menjadi dua bagian yaitu persegi panjang dan segitiga.
Keyword: Fleksibilitas, Pemecahan Masalah Geometri dan Gender
File: Klik Untuk Donwload