Detil Penelitian

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Visual Thinking Disertai Aktivitas Quick On The Draw Pada Mata Kuliah Metode Numerik

  • SEPTI DARIYATUL AINI, S.Pd.,M.Pd.  2018  PENDIDIKAN MATEMATIKA  Rp. 18,992,000,-

Deskripsi: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran mata kuliah metode numerik semester genap dengan pembelajaran visual thinking disertai aktivitas quick on the draw pada hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran model ADDIE (Analysis; Design; Development; Implementation; Evaluation). Subjek penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa kelas A semester IV Pendidikan Matematika Universitas Madura. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPM, LKM, dan THB. Dari hasil validasi ahli, skor observasi aktivitas dosen dan mahasiswa, tes hasil belajar, dan angket respon mahasiswa menunjukkan bahwa RPM, LKM, dan THB adalah valid, praktis, dan efektif. Dinyatakan valid karena koefisien validitas RPM, LKM, dan THB memiliki nilai rata-rata 3,79. Praktis karena rata-rata skor aktivitas dosen dan mahasiswa berturut-turut sebesar 3,78 (sangat baik) dan 3,38 (baik). Efektif karena respon mahasiswa 84,76% (positif); dan hasil tes sebesar 85,71% (tuntas secara klasikal).

Keyword: Perangkat pembelajaran, visual thinking, quick on the draw, metode numerik

File: Klik Untuk Donwload