Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Visual Thinking Disertai Aktivitas Quick On The Draw
- SEPTI DARIYATUL AINI, S.Pd.,M.Pd. 2018 PENDIDIKAN MATEMATIKA Rp. 18,992,000,-
Deskripsi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas, respon, dan peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah diajar dengan menggunakan pembelajaran visual thinking disertai aktivitas quick on the draw pada materi akar persamaan tak linear. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di universitas madura dan yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa semester IV pendidikan matematika tahun akademik 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket, tes, dan wawancara. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas mahasiswa mengalami peningkatan dari 2,88 (kategori baik) pada siklus I menjadi 3,51 (kategori sangat baik) pada siklus II kemudian meningkat menjadi 3,76 (kategori sangat baik) pada siklus III, (2) respon mahasiswa juga mengalami peningkatan dari 62,86% (kategori positif) pada siklus I menjadi 91,43% (kategori positif) pada siklus II kemudian meningkat menjadi 100% (kategori positif) pada siklus III, (3) hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dari 14,29% pada siklus I menjadi 57,14% pada siklus II kemudian meningkat menjadi 85,71% pada siklus III. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran visual thinking disertai aktivitas quick on the draw dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi akar persamaan tak linear.
Keyword: Hasil belajar, visual thinking, quick on the draw, akar persamaan tak linear
File: Klik Untuk Donwload