Detil Penelitian

Penerapan Metode Inquiry Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Prisma

  • SEPTI DARIYATUL AINI, S.Pd.,M.Pd.  2017  PENDIDIKAN MATEMATIKA  Rp. 4,500,000,-

Deskripsi: Dewasa ini pendidikan merupakan masalah utama pemerintah khususnya masalah peningkatan mutu pendidikan, karena pendidikan merupakan salah satu tolak ukur kemajuan bangsa. Dalam hal ini diperlukan proses belajar mengajar untuk menekankan peran aktif siswa dan dapat melatih siswa agar mampu berfikir logis, kritis, sistematis dan kreatif. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal dan meningkatkan motivasi pada diri siswa, maka digunakan metode Inquiry karena melalui metode inquiry ini siswa dituntut untuk belajar aktif, berpikir secara kritis dan analitis mencari dan menemukan jawaban dari permasalahan-permasalahan yang diberikan. Tujuan dari penilitian ini ingin mengetahui aktifitas siswa, respon dan ketuntusan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode inquiry pada pokok bahasan prisma kelas VIII MTs Al Islah Pasanggar Pegantenan Pamekasan. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al Islah Pasanggar dengan subjek 21 siswa. Dari hasil analisis yang diperoleh bahwa aktifitas siswa termasuk kategori baik, respon siswa adalah positif, dan ketuntasan hasil belajar siswa dapat dikatakan tuntas. Sehingga dapat dikatakan penerapan metode inquiry efektif dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan prisma kelas VIII MTs Al Islah Pasanggar Pegantenan Pamekasan.

Keyword: Metode Inquiry, Pembelajaran Matematika, Prisma.

File: Klik Untuk Donwload