Detil Penelitian

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH MATEMATIKA DISKRIT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD

  • AGUS SUBAIDI, S.Pd.,M.Pd.  2019  PENDIDIKAN MATEMATIKA  Rp. 12,490,000,-

Deskripsi: Hasil mata kuliah matematika diskrit di Universitas Madura kurang maksimal. Hal itu dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh mereka yaitu rata-rata sekitar 2-4 orang saja yang mendapat nilai A. Sedangkan yang lain tersebar di nilai B dan C. Namun mayoritas itu ada di nilai C. Peneliti yang merupakan pengajar matematika diskrit di Universitas Madura merasa belum berhasil. Peneliti selalu merefleksi diri di setiap akhir semester terhadap pembelajaran yang telah berlalu dan hasil belajar mahasiswa. Pada rencana penelitian ini, peneliti ingin menerapkan model STAD. Hal ini didasari oleh pengalaman peneliti yang pernah melaksanakan penelitian dengan menggunakan model STAD pada mata kuliah lain dan ternyata hasil belajar cukup baik dan respon mahasiswa positif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar, respon dan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah matematika diskrit melalui model pembelajaran STAD. Subjek penelitian sebanyak 11 orang dari mahasiswa semester IV Universitas Madura tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan datanya kuesioner/angket, observasi dan wawancara, dan tes. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif berdasarkan hasil wawancara, respon mahasiswa, observasi terhadap proses, dan hasil belajar serta membuat laporan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah matematika diskrit melalui model pembelajaran STAD. Hasil observasi dari aktivitas belajar mahasiswa meningkat dari siklus 1 sebesar 3,18 dengan kategiori aktif menjadi 3,54 dengan kategori sangat aktif di siklus 2. Respon mahasiswa positif terhadap penggunaan model pembelajaran STAD dari siklus 1 91,81% menjadi 95,45% di siklus 2. Sedangkan ketuntasan klasikal dari hasil tes belajar juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 dari 9,09% menjadi 81,81%, serta telah memenuhi indikator mendapat nilai di atas B yaitu ?80% dari jumlah siswa.

Keyword: Hasil Belajar, Matematika Diskrit dan Model Pembelajaran STAD

File: Klik Untuk Donwload