Campur Kode Pada Iklan Di Indonesia
- M. KHOIRI, M.Pd. 2022 PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA Rp. 4,000,000,-
Deskripsi: Beberapa iklan di Indonesia menggunakan bahasa asing, bahasa nasional, dan daerah secara bersama-sama dengan tujuan menarik konsumen untuk menggunakan jasa atau produk yang ditawarkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis dan bentuk campur kode. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini berasal dari iklan yang terdapat dalam program televisi Indonesia. Kemudian, data berupa transkrip iklan. Jenis multilingual dan bilingual banyak ditemukan dalam campur kode iklan berbahasa Indonesia. Selain itu, bentuk campur kode pada iklan yang ditemukan adalah bentuk penyisipan kata, frasa, dan klausa. Berkaitan dengan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa fenomena campur kode pada iklan di Indonesia sudah menjadi hal yang lumrah atau biasa.
Keyword: Iklan, bahasa Indonesia, campur kode, sosiolinguistik.
File: Klik Untuk Donwload