Detil Penelitian

Menulis Buku Harian Sebagai Terapi Komunikasi Karakteristik Introvert Siswa Sekolah Dasar

  • LAILI AMALIA, S.Pd.,M.Pd.  2019  PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA  Rp. 19,975,000,-

Deskripsi: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik introvert siswa Sekolah Dasar dan penerapan menulis buku harian sebagai terapi komunikasi karakteristik introvert siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Uswah Pamekasan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian, analisis, dan simpulan. Hasil dari penelitian menjabarkan bahwa karakteristik introvert cenderung tertutup, pemalu, , memendam perasaan, menghindari konflik, dan kurang percaya diri. Menulis buku harian diharapkan memberi wadah dan menjembatani komunikasi anak introvert terutama dengan orang tua. Anak introvert lebih percaya diri, lebih bijak menyikapi masalah pribadi, lebih mudah memecahkan masalah, dan lebih nyaman berkomunikasi dengan orang tua. Orang tua juga dapat lebih memahami kondisi psikologis anak sehingga tercipta suatu hubungan komunikasi yang baik.

Keyword: Buku Harian, Terapi Komunikasi, Karakteristik Introvert

File: Klik Untuk Donwload