STUDENTS' MATHEMATICAL LITERACY ON THE PERFORMANCE OF PISA QUESTIONS
- HARFIN LANYA, S.Pd.,M.Pd. 2021 PENDIDIKAN MATEMATIKA Rp. 5,000,000,-
Deskripsi: Penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif digunakan karena sesuai dengan tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa terhadap performa soal PISA ditinjau dari jenis kelamin. Subyek dalam penelitian ini adalah dua siswa yaitu 1 laki-laki dan 1 perempuan dengan kemampuan matematika kategori tinggi di kelas 9 SMP. Subjek dipilih secara purposive sampling dengan memberikan tes kemampuan matematis kepada 25 siswa untuk melihat kemampuan matematisnya, kemudian juga dengan memperhitungkan guru pengajar matematika, diperoleh dua siswa sebagai subjek penelitian sesuai dengan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan literasi matematis siswa berdasarkan jenis kelamin, khususnya siswa dengan kemampuan matematika tinggi. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan matematika dan tes literasi matematika serta pedoman wawancara sebagai data penelitian. Berdasarkan analisis data, terdapat pengaruh jenis kelamin terhadap tingkat literasi matematika siswa. Literasi matematika perempuan lebih baik daripada literasi matematika laki-laki, sehingga perlu adanya upaya peningkatan pembelajaran baik dari guru maupun sekolah agar tidak ada lagi perbedaan kemampuan antara laki-laki dan perempuan, dan jenis kelamin tidak mempengaruhi literasi matematika.
Keyword: Literasi Matematika, PISA, Gender
File: Klik Untuk Donwload