The Commognitive Perspective Of Teaching Skills Of Prospective Mathematics Teachers In Microteaching Subjects
- Dr. Moh. Zayyadi, M.Pd. 2022 PENDIDIKAN MATEMATIKA Rp. 5,000,000,-
Deskripsi: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar calon guru pendidikan matematika dalam mata pelajaran micro-teaching dari perspektif commognitive. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari 15 orang mahasiswa mata pelajaran Matematika angkatan 2015 Kelas Prodi Pendidikan yang mengambil mata kuliah micro teaching. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar rubrik—penilaian keterampilan mengajar calon guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Calon guru pendidikan matematika pada kegiatan pendahuluan sering menggunakan komponen penggunaan kata, mediator visual, rutin dan tidak menggunakan narasi komponen. Dalam kegiatan inti pembelajaran matematika, calon guru menggunakan empat komponen komognitif, yaitu penggunaan kata, mediator visual, rutin, dan naratif. Dalam pemilihan pendidikan matematika, calon guru hanya menggunakan komponen penggunaan kata. Commognitive memberikan gambaran tentang komunikasi-kognitif matematis dan konten dalam pembelajaran yang dilaksanakan.
Keyword: Commognitive, microteaching, kemampuan mengajar
File: Klik Untuk Donwload